Nama Artikel : Analysis of rice purchase decision
on rice consumer in Bandung city
Penulis : ( K Kusno, A Imannurdin, N
Syamsiyah and E Djuwendah )
|
Artikelnya |
Dalam
artikel tersebut disebutkan bahwa metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hal itu dibuktikan
dengan adanya permasalah inti yang sudah
diidentifikasi sebelum melakukan penelitian. Itu merupakan salah satu bukti
bahwa metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Masalah yang
diidentifikasinya adalah bagaimana karakteristik konsumen beras di pasar
tradisional, kios beras, dan supermarket serta apakah ada hubungan antara keputusan
pembelian dan pendapatan.
Hal
lain yang menegaskan bahwa penelitian ini menggunakan metode kuantitatif adalah
karena variabel-variabelnya sudah
dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian. Variabel
karakteristik konsumennya adalah tingkat pendidikan kepala rumah tangga dan
tingkat pendapatan total keluarga. Atribut pada beras adalah: 'kepulenan',
harga beras, jenis beras (kualitas beras), sifat fisik, dan lainnya. Variabel
keputusan pembelian yaitu: a) frekuensi pembelian per bulan, b) cara pembelian,
c) jenis beras, d) sikap terhadap kenaikan harga beras, e) harga beras per kg,
f) sikap terhadap tersedianya beras biasa dikonsumsi.
Untuk
menguji hubungan antar variabel, penelitian ini menggunakan uji Chi Square dengan menyediakan
hipotesis diawal penelitian untuk nantinya diuji setelah didapatkan hasil
penelitian. Pengujian hipotesis ini
menunjukan bahwa metode yang digunakan adalah kuantitatif.
Pada
poin 3 tentang Hasil dan Pembahasan, diuraikan bahwa dalam proses pengolahan
data hingga penyimpulan hasil menggunakan
statistic. Hal itu menunjukkan bahwa metode yang digunakan adalah kuantitatif
dikarenakan apabila kualitatif, maka dalam menyimpulkan hasil dilakukan secara
naratif/ kata-kata.
ADS HERE !!!