|
Persma Genera Unpad |
Visi dan Misi Himpunan/Perhimpunan
Visi
:
Bekerja secara sinegis, aktif dan kreatif dengan
membangun hubungan yang harmonis antar elemen di Genera dan lembaga pers
mahasiswa lain.
Misi
:
1.Mengembangkan bakat jurnalistik warga KMFP yang
terpendam
2.Menciptakan produk cetak dan online yang
berkualitas
3.Meningkatkan daya saing anggota Genera baik
softskill maupun hardskill di bidang jurnalistik
4.Mensajikan berita yang faktual dan aktual dari
sudut pandang mahasiswa
5.Menjadikan Persma Genera sebagai lembaga pers yang
inovatif dan mampu menjadi pilar informasi di Fakultas Pertanian
Struktur
Organisasi
|
Struktur kepengurusan persma genera unpad 2015/2016 |
3
Program Kerja Utama Himpunan/Perhimpunan
1. Pelatihan Jurnalistik
DESKRIPSI KEGIATAN
Pelatihan
Jurnalistik adalah rangkaian acara yang rutin diselenggarakan dalam rangkaian penerimaan anggota baru Persma Genera Faperta Unpad.
Pada kesempatan kali ini, Persma
Genera mengadakan acara dalam bentuk workshop fotografi dengan
menggunakan media sederhana yang disebut kamera lubang jarum. Workshop Fotografi ini merupakan
kegiatan yang dilakukan sebagai pemenuh
kebutuhan informasi yang valid serta dapat dipertanggungjawabkan.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Persma dalam
mendokumentasikan informasi serta membagikan kepada khalayak secara netral
(tidak memihak). Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya
saing Persma Genera yang notabene bukan merupakan mahasiswa jurnalistik.
SASARAN KEGIATAN
1.
Seluruh
anggota Persma Genera Faperta Unpad
2.
Alumni
Persma Genera Faperta Unpad
3.
Persma
se-Unpad dan Unit Fotografi di Unpad
4.
Khalayak
yang memiliki ketertarikan dalam bidang fotografi jurnalistik
HASIL (OUPUT) KEGIATAN
1.
Meningkatkan
mutu skill Anggota Persma, khususnya Anggota Persma Genera
2.
Mendalami
dunia jurnalistik melalui teknik fotografi yang diperkenalkan
3.
Meningkatkan
daya saing Anggota Persma, khususnya Anggota Persma genera
2. Genera’s
Day – Pekan Jurnalistik
Tema
kegiatan Genera’s Day 2015 adalah “Kreatif Tanpa Batas dalam Jurnalistik”
Maksud dan Tujuan
Maksud
diadakannya acara Pekan Jurnalistik ini adalah sebagai peringatan ulang tahun
Persma Genera yang kelima dan menunjukkan keberadaan juga peran nyata Genera
bagi masyarakat. Dengan diadakannya kegiatan Genera;s Day ini diharapkan Persma
Genera dapat memberikan manfaat dan wawasan bagi seluruh warga KMFP dan warga
Universitas Padjajaran.
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Mekanisme
dan Kegiatan
Lomba Desain totebag
Deskripsi
kegiatan :
- Melatih dan berbagi ide kreatifitas
- Desain yang terpilih akan digunakan sebagai
desain totebag untuk dikomersilkan
Target
: Mahasiswa Unpad
Kategori
: Pra event
Lomba Artikel Ilmiah
Deskripsi
kegiatan:
Lomba
Karya Tulis Ilmiah ini merupakan lomba bagi internal warga KMFP yang
dimaksudkan untuk mengajak warga KMFP agar dapat turut berperan aktif dalam
partisipasi menulis. Jurnalistik, sebagaimana kita ketahui bersama adalah
denyut nadi perkembangan dunia. Lomba ini bertujuan agar warga KMFP terlatih
untuk lebih memerhatikan peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitarnya,
khusunya dalam sektor pertanian.
Target
: Mahasiswa KMFP
Kategori
: Pra event
Lomba Fotografi Jurnalistik
Deskripsi
kegiatan:
-
Melatih kepekaan dalam mengabadikan momen sekitar
- Menyalurkan ide dan perasaan melalui media
foto
-
Foto adalah kata yang tidak berucap
Sifat : Eksternal
Target
: Masyarakat se-Bandung Raya
Kategori : Pra event
Genera’s Day 2015
Deskripsi
Kegiatan :
Kegiatan
ini diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Padjadjaran dan Persma serta Media
se-Bandung Raya. Acara ini dilaksanakan dengan maksud mengajak mahasiswa
Universitas Padjadjaran untuk melihat mini pameran foto jurnalistik,
menyaksikan pemutaran video mengenai dunia jurnalistik dari zaman dahulu hingga
sekarang sehingga dapat mengetahui dunia jurnalistik lebih dalam, dan
pengumuman pemenang lomba-lomba yang sudah diadakan selama pra-event.
Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa Universitas Padjadjaran dapat
menikmati dunia jurnalistik yang kami gambarkan melalui mini pameran foto
jurnalistik dan juga alunan musik akustik sambil bercengkarama dan sharing
bersama teman-teman baik yang bergerak di bidang jurnalistik maupun tidak untuk
bertukar ide dan pikiran sehingga dapat menemukan kreatifitas tanpa batas. atau
hal yang baru untuk kehidupan kedepannya.
Target
: Mahasiswa Universitas Padjadjaran, Persma, & Media se-Bandung Raya
3. Produk
TEMA PRODUK
Majalah edisi ke-5 genera bertemakan masa
transisi dimana mengangkat liputan-liputan tentang perubahan-perubahan yang
sedang terjadi di masa sekarang ini tidak hanya transisi di Indonesia tetapi
juga masa transisi di Universitas Padjadjaran. Majalah edisi ke-6 bertemakan
pertanian karena bertepatan dengan hari tani dimana mengangkat liputan-liputans
seputar isu-isu pertanian di Indonesia.
Buletin edisi ke-12 Genera bertemakan world
day against child labour dimana liputan-liputannya mengenai hari peringatan
hari dunia memerangi buruh anak. Buletin edisi ke-13 bertemakan hari kesehatan
nasional, dimana liputan-liputannya mengenai masalah-masalah kesehatan di
Indonesia.
TUJUAN
- Untuk
memberikan informasi mengenai isu-isu yang sedang berkembang di sekitar kampus,
fakultas, dan umum.
- Mewadahi
mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya melalui sebuah tulisan ataupun viedo
DESKRIPSI PRODUK
1.
Majalah
Majalah
adalah Produk Genera dalam bentuk cetak dan disajikan
dalam bentuk buku berisi 35 halaman yang akan diterbitkan 1 kali
setiap semester (2 kali dalam satu kepengurusan). Majalah Persma Genera diterbitkan pada bulan
yaitu September dan Oktober dengan tema utama masing-masing yaitu Masa Transisi
dan Pertanian. Majalah
lebih dipersiapkan secara global dan beragam,
bentuk informasinya telah disusun kedalam berbagai rubrik (issue, profil, agrinews, suara mereka, extras, kabar
kampus, survey). Tim Keredaksian di bawah Pimpinan Redaksi Cetak akan
mempersiapkan sistem produksinya dari mulai membuat konsep, ide sampai siap
cetak, dan didistribusikan.
2.
Buletin
Buletin
adalah Produk Genera dalam bentuk cetak Disajikan dalam bentuk booklet berisi
38 halaman dan online yang akan diterbitkan 1 kali setiap semester (2 kali
dalam satu kepengurusan). Buletin Persma Genera telah dua kali terbit di tahun
2015 dengan issue yang beredar di masyarakat yaitu pada Bulan Juni (World Day
Against Child Labour) dan November (Hari Kesehatan Nasional). Buletin lebih
dipersiapkan mengenai isu-isu yang ada di sekitar kampus dan fakultas, bentuk informasinya telah disusun kedalam
berbagai rubrik (issue, profil,
extras, faperta news, Unpad news, tips, review, dan jatinangor news).
Tim Keredaksian di bawah Pimpinan Redaksi Cetak akan mempersiapkan sistem
produksinya dari mulai membuat konsep, ide sampai siap cetak, dan
didistribusikan..
3.
Website
Website
adalah produk Genera dalam bentuk online. Seluruh anggota Genera diperkenankan
menulis secara aktif berita-berita ter up-to-date
di website Genera. Tim Keredaksian di bawah Pimpinan Redaksi Online yang dikepalai oleh ketua website
akan mempersiapkan konsep, ide, serta publikasi.
4.
Youtube
Youtube
adalah produk Genera dalam bentuk online. Anggota Genera yang bergerak dibidang
videographer akan meliput acara-acara
yang telah bekerjasama dengan Persma Genera. channel Sound Garden; yaitu meliput band-band mahasiswa unpad yang
sedang berkembang dan mengangkat suatu issue.
Tim Keredaksian di bawah Pimpinan Redaksi Online
yang dikepalai oleh ketua videographer akan mempersiapkan konsep, ide, serta
materi publikasi.
HASIL (OUPUT) KEGIATAN
·
Meningkatkan
skill jurnalistik dari Anggota Persma Genera
·
Mendalami
dunia jurnalistik melalui teknik menulis, editing, dan fotografi yang benar
·
Meningkatkan
daya saing produk Genera di Unpad dan Bandung