Latihan :
1. Pasar persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar
dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang
dijual bersifat homogen.
2. Pasar persaingan sempurna : pasar pada bidang produksi dan perdagangan
hasil-hasil pertanian seperti beras, karet, buah-buahan, dan sayuran.
Pasar persaingan tidak sempurna : monopolistik, monopoli, oligopoli,
oligopsoni, monopsoni
3. Penentu harga
4. Kinerja subsektor pangan, subsektor perikanan, peternakan, kehutanan dan
perkebunan
5. Kuantitas penjual, keseragaman produk, perbedaan pelayanan, dll
Tes Formatif :
1. Usaha dua atau lebih perusahaan, secara individual untuk mengalahkan
perusahaan lain dengan menawarkan produk yang lebih baik.
2. mereduksi biaya yang harus dikeluarkan konsumen dalam rangka
memperoleh informasi suatu produk
3. penyalahgunaan kekuatan pasar, tingkat produksi rendah, mengurangi
kesejahteraan konsumen, ketidakadilan
4. PDAM dan PT, Krakatau Steel, PLN
5. Banyak produsen dan penjual, produsen memiliki kemampuan untuk
mempengaruhi harga, adanya diferensiasi produk, produsen dapat keluar
masuk pasar, promosi penjualan harus aktif
6. Oligopoli : terdapat beberapa penjual
Oligopsoni : pasar yang memiliki beberapa pembeli.
7. Membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang
memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula.
8. Tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk
membedakan tawaran perusahaan dengan pesaing.
9. Cara menginformasikan kepada pembeli mengenai ketersediaan produk,
karakteristik, dan harga.
10. Proses penilaian yang dilakukan untuk melihat bagaimana perusahaan
terorganisasi, bagaimana perusahaan memimpin dan melihat kinerja
perusahaan dalam kaitanya mencapai tujuan perusahaan
ADS HERE !!!