Latihan :
1. Ritel tradisional : tempat yang tidak terlalu luas, barang yang dijual
terbatas jenisnya, terjadinya proses tawar menawar.
Ritel modern tempat lebih luas, banyak jenis barang yang dijual,
manajemen lebih terkelola, harga sudah menjadi harga tetap, melayani
sendiri.
2. Berkembangnya ritel modern, persaingan harga, kualitas produk
3. Persaingan harga, perubahan preferensi konsumen, dll
4. Meningkatkan daya saing melalui sistem rantai pasok
5. Pedagang eceran modern ini hanya diperbolehkan beroperasi di kota-kota
besar, setingkat kotamadya/ kabupaten dan propinsi
Tes Formatif :
1. Semua kegiatan yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara
langsung kepada konsumen akhir untuk penggunaan pribadi bukan untuk
bisnis
2. Perantara, penghimpun, tempat rujukan, penentu eksistensi
3. Persaingan harga, peralihan konsumen, kebangkrutan
4. Perbaikan kualitas tempat, penyesuaian harga, perbaikan kualitas
pelayanan
5. Mempermudah dan memperlancar pengembangan agribisnis dengan
mempermudah subsistem pemasaran dan distribusi produk agribisnis
6. Supermarket : toko yang menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari
dengan ukuran lebih besar dari minimarket; Departemen store, yaitu toko
yang berukuran sangat besar dan menjual produk-produk sehari-hari,
rumah tangga bahkan non pangan.
7. Alfa mart, indomaret
8. Kualitas barang terjamin, tempat nyaman dan luas, full time service
9. Adanya tawar menawar, produk lebih beragam
10. Ada. Berdasarkan kualitas dan standar mutu produk.
ADS HERE !!!